8 Norma Dalam Benak Jiwa Wirausaha

Etika Wirausaha, Norma Dalam Benak Jiwa Wirausaha, Etika Dalam Benak Jiwa Wirausaha, Norma Wirausahawan, Kejujuran, Bertanggung jawab, Menepati janji, Disiplin, Taat hukum, Suka membantu, Komitmen dan menghormati, Mengejar Prestasi

Etika Atau Norma Yang Harus Ada Dalam Benak Dan Jiwa Setiap Pengusaha

    Norma wirausahawan sering kali menjadi pertimbangan bagi rekan bisnisnya untuk bekerjasama membangun dan memajukan bisnis jangka panjang, Oleh sebab itu norma-norma dalam wirausaha perlu dimiliki oleh pengusaha agar terciptanya kerjasama yang baik antara kedua belah pihak untuk mencapai tujuan bersama, semua itu dapat tercapai dengan adanya norma-norma yang harus ada dalam benak dan jiwa setiap pengusaha sebagai berikut:

1. Kejujuran

    Seorang pengusaha harus selalu bersikap jujur baik dalam berbicara maupun tindakan. Jujur ini perlu agar berbagai pihak percaya terhadap apa yang akan dilakukan. Tanpa kejujuran ini, usaha tidak akan maju dan tidak akan dipercaya konsumen ataupun mitra kerja.

2. Bertanggung jawab

    Pengusaha harus bertanggung jawab terhadap segala kegiatan yang dilakukan termasuk dalam bidang usahanya. Kewajiban terhadap berbagai pihak harus segera diselesaikan. Tanggung jawab tidak hanya terbatas pada kewajiban, tetapi juga mengarah kepada seluruh karyawan, masyarakat dan pemerintah.

3. Menepati janji

    Pengusaha dituntut untuk selalu menepati janji, misalnya dalam hal pembayaran barang, pengiriman barang atau penggantian barang. Sekali saja seorang pengusaha ingkar janji, hilanglah kepercayaan pihak-pihak yang terlibat terhadapnya. Pengusaha dalam hal ini harus konsisten terhadap apa yang telah diperbuat dan disepakati sebelumnya.

4. Disiplin

    Pengusaha dituntut untuk selalu disiplin dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan usahanya, misalnya kita mengambil contoh dalam hal waktu pembayaran atau pelaporan kegiatan usahanya.

5. Taat hukum

    Pengusaha harus selalu patuh dan menaati hukum-hukum yang berlaku di negara-negara manapun, baik itu berkaitan dengan masyarakat ataupun pemerintah. Pelanggaraan terhadap hukum dan peraturan yang telah di buat berakibat fatal di kemudian hari. Bahkan hal itu akan menjadi beban moral bagi pengusaha apabila tidak diselesaikan segera (secepat mungkin).

6. Suka membantu 

    Pengusaha secara moral harus sanggup membantu berbagai pihak yang memerlukan bantuan. Sikap ringan tangan ini dapat ditunjukan kepada masyarakat sekitar dalam berbagai cara. Pengusaha yang terkesan pelit akan dimusuhi oleh banyak orang.

7. Komitmen dan menghormati

    Pengusaha diwajibkan berkomitmen dengan apa yang mereka jalankan dan menghargai komitmen dengan pihak-pihak lainnya. Pengusaha yang menjunjung tinggi komitmen terhadap apa yang telah diucapkan atau disepakati akan dihargai oleh berbagai pihak.

8. Mengejar prestasi

    Pengusaha yang sukses harus selalu berusaha mengejar prestasi setinggi mungkin. Tujuannya agar perusahaan dapat terus bertahan dari waktu ke waktu. Prestasi yang berhasil dicapai perlu terus ditingkatkan. Disamping itu, pengusaha juga harus mental baja dan tidak mudah putus asa terhadap berbagai kondisi dan situasi yang dihadapinya.